Selasa, 06 Maret 2012

TUGAS : Ilmu Budaya Dasar

1.      Jelaskan pengertian dan tujuan Ilmu Budaya Dasar !
Jawab :
Secara sederhana IBD adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Istilah IBD dikembangkan petama kali di Indonesia sebagai pengganti istilah basic humanitiesm yang berasal dari istilah bahasa Inggris “the Humanities”. Adapun istilah humanities itu sendiri berasal dari bahasa latin humnus yang astinya manusia,berbudaya dan halus. Dengan mempelajari the humanities diandaikan seseorang akan bisa menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya dan lebih halus. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa the humanities berkaitan dengan nilai-nilai manusia sebagai homo humanus atau manusia berbudaya. Agar manusia menjadi humanus, mereka harus mempelajari ilmu yaitu the humanities disamping tidak meninggalkan tanggungjawabnya yang lain sebagai manusia itu sendiri.

·         Tujuan Ilmu Budaya Dasar 

Penyajian mata kuliah ilmu budaya dasar tidak lain merupakan usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Dengan demikian mata kuliah ini tidak dimaksudkan untuk mendidik ahli-ahli dalam salah satu bidang keahlian yang termasuk didalam pengetahuan budaya (the humanities) akan tetapi IBD semata-mata sebagai salah satu usaha untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan pemikiran serta kemampuan kritikalnya terhadap nilai-nlai budaya, baik yang menyangkut orang lain dan alam sekitarnya, maupun yang menyangkut dirinya sendiri.

2.      Apa pengertian dari Kebudayaan ?
Jawab :
Kebudayaan selalu dimiliki oleh setiap masyarakat, hanya saja ada suatu masyarakat yang lebih baik perkembangankebudayaannya dari pada masyarakat lainnya untuk memenuhi segala kebutuhan masyarakatnya. Pengertian kebudayaan banyak sekali dikemukakan oleh para ahli. Salah satunya dikemukakan oleh Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi,yang merumuskan bahwa kebudayaan adalah semua hasil dari karya, rasa dan cipta masyarakat. Karya masyarakat menghasilkan teknologi dan kebudayaan kebendaan, yang diperlukan manusia untuk menguasa alam sekitarnya, agar kekuatan serta hasilnya dapat diabdikan untuk kepntingan masyarakat.

3.      Sebutkan macam-macam kebudayaan, baik kebudayaan Indonesia maupun asing !
Jawab :
Kebudayaan daerah tercermin dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat di seluruh daerah di Indonesia. Setiap saerah memilki ciri khas kebudayaan yang berbeda. Salah satu contoh kebudayaan daerah yang ada di Indonesia adalah sebagai berikut :

Rumah adat

·         Sumatera Barat : Rumah Gadang
·         Sumatera Selatan : Rumah Limas
·         Jawa : Joglo
·         Papua : Honai
·         Sulawesi Selatan : Tongkonang (Tana Toraja), Bola Soba (Bugis Bone), Balla Lompoa (Makassar Gowa)
·         Sulawesi Tenggara: Istana buton
·         Sulawesi Utara: Rumah Panggung
·         Kalimantan Barat: Rumah Betang
·         Nusa Tenggara Timur: Lopo

Tarian
·         Jawa: Bedaya, Kuda Lumping, Reog.
·         Bali: Kecak, Barong/ Barongan, Pendet.
·         Maluku: Cakalele, Orlapei, Katreji
·         Aceh: Saman, Seudati.
·         Betawi: Yapong
·         Sunda: Jaipong, Reog, Tari Topeng
·         Timor NTT: Likurai, Bidu, Tebe, Bonet, Pado'a, Rokatenda, Caci
·         Batak Toba & Suku Simalungun: Tortor
·         Riau : ( Persembahan, Zapin, Rentak bulian, Serampang dua Belas )
·         lampung : ( bedana, sembah, tayuhan, sigegh, labu kayu )
·         irian jaya:

Sedangkan macam-macam nilai kebudayaan barat cenderung berbalik dengan kebudayaan timur. Kebudayaan barat menekankan dunia objektif dibandingkan perasaan sehingga pola pemikirannya menghasilkan sains dan teknologi. Sehingga dapat dikategorikan sebagai berikut :

NILAI BUDAYA BARAT DAN MARTABAT MANUSIA
Budaya barat menganggap manusia adalah ukuran untuk segalanya. Maksudnya, manusia mempunyai kemampuan untuk menyempurnakan hidupnya sendiri berdasarkan akal, intelektual dan pengalaman. Di barat kepuasan diperoleh melalui usaha-usaha atau perhatian terhadap benda, kenikmatan, dan keselarasan di dunia. Usaha-usaha itu dengan sendirinya dapat menimbulkan kondisi kehidupan yang penuh dengan persaingan bahkan dapat menimbulkan kekacauan.

NILAI BUDAYA BARAT DAN KEBEBASAN
Semua budaya timur menganggap budaya barat penuh dengan kebebasan. Segala sesuatunya mungkin terjadi. Spontanitas lebih dihargai dan individu bebas dari tekanan dan campur tangan orang lain. Akhirnya, kebebasan itu diwujudkan kedalam berbagai bidang kehidupan sosial, politik, macam-macam kebudayaan, dan ekonomi. Namun kebebasan ini ternyata menyebabkan orang lain tidak bebas lagi. Sebagai akibat dari kebebasan itu pulalah nilai-nilai umum dan nilai kebersamaan semakin pudar.

NILAI BUDAYA BARAT DAN TEKNOLOGI
Harus di akui kemajuan teknologi budaya barat sangan berkembang pesat dari pada budaya timur. Hasil teknologi barat melebihi kebutuhan manusia bahkan mengganggu kepentingan manusia karena terlalu cepat sampai kedepan. Teknologi yang mereka ciptakan adalah salah satu macam-macam teknologi yang ada di budaya barat.


4.      Jelaskan hubungan Ilmu Budaya Dasar dengan jurusan Sistem Informasi !
Jawab :

Sistem informasi sebagai salah satu jurusan dalam fakultas ilmu komputer memiliki pengertian yang lebih spesifik, Sistem informasi (SI) adalah suatu jurusan mata kuliah yang termasuk dalam kelompok fakultas ilmu komputer yang mengkaji pola system manajemen dan pengolahan informasi secara sistematis dan efisien dengan menggunakan perangkat tekhnologi komputer maupun tidak sehingga penyajian nya dapat lebih mudah di gunakan dan di manfaatkan. Lalu apa kaitanya dengan Ilmu budaya dasar ? sesuai dengan fungsi dari ilmu budaya dasar, mari kita kaitkan dalam ruang lingkup yang lebih kecil. fungsi ilmu budaya dasar adalah ilmu pengetahuan yang bertujuan untuk mengembangkan kepribadian dari masyarakat dengan cara memperluas wawasan pemikiran serta kemampuan kritikalnya terhadap nilai-nilai budaya, baik yang menyangkut orang lain dan alam sekitarnya, maupun yang menyangkut diri sendiri. Sehingga dapat kita rumuskan bawah; kaitan nya adalah ilmu budaya dasar menjaga dan mengayomi arah dan tujuan dari proses pembelajaran dalam system informasi sehingga dapat selalu dalam lingkaran kebenaran menurut budaya tatakrama, hukum dan etiket, contohnya seperti hak menggunakan, hak akses, dan hak privasi.


Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar